Mendistribusikan presentasi powerpoint dengan CD

Hari ini seorang rekan kerja datang ke saya meminta tolong untuk membuatkan CD yang dapat secara otomatis menampilkan suatu presentasi Microsoft Powerpoint begitu CD tersebut dimasukkan. Respons instan saya mengatakan, “Loh, kenapa tidak pakai AUTORUN.INF saja?” Tapi pertanyaan baru kemudian muncul, “Eh, bagaimana jika di komputer tersebut tidak terinstal Powerpoint ya?”

Pencarian di google menghasilkan satu halaman yang sangat jelas dan mudah instruksinya. Ternyata sejak versi 2003, Powerpoint telah memiliki fitur yang disebut “Package for CD”.

Untuk mengakses fitur ini dan menampilkan kotak dialog di atas, buka berkas presentasi yang Anda ingin distribusikan, dan akses menunya.

  • Powerpoint 2003: File > Package for CD
  • Powerpoint 2007: Prepare > Package for CD

Ada dua pilihan yang dapat dipilih, langsung menyalin berkas-berkas yang diinginkan ke CD (tombol “Copy to CD“), atau menyalinnya ke suatu folder tertentu terlebih dulu (tombol “Copy to Folder…“).

  • Add Files…” digunakan untuk menambahkan berkas lain yang mungkin ingin Anda sertakan dalam distribusi.
  • Options…” digunakan untuk mengatur pilihan lain seperti menyertakan jenis huruf spesifik yang digunakan dalam presentasi atau memberi kata sandi untuk memberi perlindungan lebih pada berkas.

Mudah sekali ternyata. Selamat mencoba.

Sumber Tulisan: http://ivanlanin.multiply.com/

Iklan