Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone Tanpa Jailbreak

Bagaimana cara untuk menyembunyikan sebuah aplikasi pada sebuah iPhone dengan iOS 8 tanpa harus menggunakan metode Jailbreak?. Seperti yang kita ketahui jika iOS 8 merupakan OS terbaru dari Apple yang hadir dengan berbagai fitur canggih. Fitur-fitur baru yang disematkan didalamnya antara lain, notifikasi interaktif yang cantik, dukungan untuk aplikasi keyboard dari pihak ketiga, Continuity, Handoff, dsb. Namun sayangnya, fitur untuk menyembunyikan aplikasi tidak disertakan didalam iOS 8 ini.

Lalu bagaimana cara mengakalinya tanpa harus men-jailbreak iPhone dengan iOS 8 yang kita gunakan tersebut?. Cukup mudah. Selain menghadirkan fitur baru, iOS 8 juga ternyata meninggalkan sebuah bug. Nah, bug inilah yang dapat kita manfaatkan untuk menyembunyikan sebuah aplikasi yang tidak ingin ditampilkan tersebut. Tips menyembunyikan aplikasi di iPhone dengan iOS 8 ini datang dari laman lifehacker. Lifehacker dengan rinci disertai dengan video tutorial-nya membahas mengenai cara menyembunyikan sebuah aplikasi pada iPhone dengan sangat mudah. Sehingga aplikasi-aplikasi yang jarang kita gunakan/pakai dapat dihilangkan dari tampilan iPhone.

Seperti keterangannya, Life hacker menyebutkan tips ini dapat dilakukan dari iOS 7 sebelumnya. Namun caranya sedikit berbeda,  dan ini nyatanya masih berhasil serta cukup ampuh untuk menghilangkan sebuah aplikasi yang tidak ingin ditampilkan itu. Berikut caranya: Yang pertama adalah penuhi salah satu homescreen pada iPhone Anda dengan aplikasi-aplikasi. Langkah kedua, silahkan pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Tahan aplikasi tersebut sampai ikon-nya mulai bergerak-gerak. Selanjutnya, silahkan geser aplikasi yang dipilih tersebut ke salah satu homescreen yang telah dipenuhi oleh aplikasi-aplikasi tadi. Tahan dan jangan dilepas terlebih dahulu. Geser aplikasi pada salah satu aplikasi yang ada di homescreen, seolah-oleh disini Anda ingin membuat sebuah folder. Nah, saat iOS kebingungan dan berfikir Anda akan membuat sebuah folder, dengan cepat geser aplikasi keluar dari kotak folder menuju ke dock. Sampai disini, silahkan lepas aplikasi di dock. Seharusnya, aplikasi tersebut akan menghilang. Lebih jelasnya mengenai cara menyembunyikan sebuah aplikasi pada iPhone dengan iOS 8, bisa dilihat melalui video YouTube dibawah ini:

Sebenarnya, aplikasi tersebut tidak benar-benar terhapus alias bersifat sementara saja. Anda-pun masih dapat mengaksesnya suatu saat dengan memanfaatkan fitur Spotlight. Aplikasi-aplikasi yang disembunyikan dengan cara ini juga akan tampil kembali ke semula jika Anda melakukan restart ulang iPhone. Selain untuk iPhone, cara menyembunyikan aplikasi ini dapat juga diterapkan pada iPad atau iPod Touch. Selamat mencoba.

Sumber : LifeHacker